Sejarah NLR Indonesia

Leprastichting atau Netherlands Leprosy Relief (NLR) adalah organisasi non-pemerintah yang didirikan di Belanda pada tanggal 30 Maret 1967. NLR adalah pelopor dalam mempercepat dunia tanpa kusta dan lingkungan yang inklusif bagi penyandang disabilitas. Saat ini NLR memiliki Kantor Internasional di Belanda dan 7 Kantor Perwakilan di Asia, Afrika dan Amerika Latin.  NLR adalah anggota dari Federasi Internasional dari Asosiasi Anti Lepra (ILEP).  

NLR Indonesia menyediakan tenaga ahli yang memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan petugas kusta di tingkat pusat, propinsi, kabupaten dan desa.  Fokus utama adalah dalam hal perencanaan, monitoring, dan evaluasi program pengendalian kusta.

NLR Indonesia memulai kegiatannya di Indonesia pada tahun 1975 dengan memberikan bantuan ke Rumah Sakit Dr. Sutomo Surabaya, kemudian berlanjut ke Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah. Kegiatan penanggulangan kusta yang didukung secara teknis dan finansial oleh Departemen Kesehatan dan Sub Direktorat Penanggulangan Kusta meluas hingga ke 22 provinsi.

Pada tahun 1975, Pemerintah mendirikan Pusat Latihan Kusta Nasional (PLKN) di Makassar, Sulawesi Selatan dan PLKN menerima bantuan teknis dan finansial dari NLR. Berbagai kader petugas kesehatan dilatih kegiatan penanggulangan kusta melalui pelatihan singkat di PLKN.

Sejak tahun 1993, NLR mempunyai perjanjian kerjasama dengan Royal Netherlands Tuberculosis Association (KNCV) untuk aktif bergabung membantu secara teknis Program Penanggulangan Kusta dan Tuberkulosis di lima provinsi di Sulawesi.

Selama sepuluh tahun terakhir, NLR Indonesia juga telah membangun dan mengorg